• Tlp: 085224781015
  • WA: 085871229141
  • Email: info@molarentcar.com

Empal Gentong mungkin sudah biasa kita dengar sebagai ikon kuliner Cirebon, tetapi pernahkan mendengar kuliner bernama Empal Asem? Ya, kuliner    ini merupakan salah satu varian dari empal (olahan daging sapi) yang memiliki karakter lain.

Berbeda dengan empal gentong yang menggunakan kuah santan, Empal Asem menggunakan kuah bening dengan bumbu asem yang segar.  Sepintas mirip seperti sayur sop, akan tetapi masakan  ini memiliki rasa asam yang dihasilkan dari belimbing wuluh dan asam jawa. Potongan daging sapi dalam sajian lezat tersebut dipertemukan dengan aneka bumbu seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang, merica, dan sebagainya dalam semangkuk hidangan Empal Asem membuat kesegaran kuah ini memang patut diacungi jempol, apalagi dengan tambahan bubuk cabai pedas khas Cirebon.

Di Cirebon, anda dapat menjumpai kuliner yang menjadi salah satu ikon Kota Udang tersebut di sejumlah tempat. Namun ada sebuah daerah yaitu Plered dimana Empal Asem banyak dijajakan. Tepatnya di sepanjang Jalan Raya H Juanda, Plered, berjejer rumah makan yang menawarkan Empal Asem. Umumnya mereka tidak hanya menawarkan Empal Asem tapi juga Empal Gentong dan sate kambing muda. Satu porsi Empal Asem dibanderol pada kisaran Rp 16.000.

Bagi anda yang sedang atau akan berkunjung ke Cirebon, sempatkan waktu untuk mencoba empal asem, sensasi segar kuliner khas Cirebon yang satu ini.